Ini adalah Field Trip ke-4 selama Edward sekolah di TB/TK Toby. Yang pertama adalah ke Pabrik Sari Roti (playgroup), ke Dinas Pemadam Kebakaran Matraman (TK A), ke Redaksi Majalah Mombi (TK B) dan yang terakhir adalah ke Lapangan Udara Halim Perdanakusuma (TK B).

Dari sekolah, kami konvoi 7 mobil orang tua yang dipakai untuk mengangkut sekitar 45-an anak. Oya, untuk mengunjungi Lanud Halim ini jumlah mobil yang boleh ikut dibatasi oleh pihak Lanud. Kami disarankan untuk menggunakan bis. Tapi demi menghemat biaya, akhirnya mobil orang tua yang dipakai. Tadinya hanya diperbolehkan 5 mobil yang bisa masuk, tapi akhirnya pihak sekolah nego menjadi 7 mobil.

Sampai di Lanud kurang lebih jam 9, tetapi sepertinya kami kurang pagi. Sudah ada TK lain yang berada di hanggar dan telah selesai naik ke dalam pesawatnya. Anak-anak TB/TK kami ga kebagian naik pesawat ini karena kami langsung disuruh mengikuti bus TK tersebut menuju ke tempat lain. Aku ga terlalu perhatiin tipe pesawatnya, tapi jenis pesawat biasa. Berarti di dalamnya kurang lebih seperti pesawat penumpang. Ya sudahlah.. kalau pesawat seperti ini anak-anak pasti sudah banyak yang tahu.

Selanjutnya kami dibawa melihat pesawat CN295. Pesawat ini digunakan untuk penunjang misi militer, pengiriman logistik, serta misi kemanusiaan. Di sini anak-anak diperbolehkan masuk ke badan pesawat melalui ekor pesawat. Cool… :D

field-trip-lanud-halim-perdanakusuma13988696728562

field-trip-lanud-halim-perdanakusuma2

Selanjutnya kami menuju Museum Lanud Halim Perdanakusuma. Wuiihh… adem banget di sini :)
Museum ini menceritakan sejarah berdirinya Lanud Halim Perdanakusuma dan juga terdapat foto-foto dan benda-benda bersejarah TNI AU.

13988709326131

museum-lanud-halim-perdanakusuma

museum-lanud-halim-perdanakusuma2

Di bagian belakang museum terdapat Mini Theatre. Di dalam mini theatre ini anak-anak menyaksikan 2 film. Film pertama adalah film berbahasa inggris mengenai pesawat tempur. Isi filmnya sendiri aku kurang ngerti karena selain berbahasa inggris suaranya juga kurang jelas. Anak-anak boro-boro juga ngerti, pokoknya kalau gambar pesawat atau pemandangannya keren langsung tepuk tangan, pesawatnya bermanufer tepuk tangan lagi, pilotnya keren giliran emak-emaknya yang tepuk tangan…hahaha..

Film ke 2 mengenai Tim Akrobatik Jupiter TNI AU. Di sini anak-anak tepuk tangan terus melihat tim Jupiter melakukan akrobatik di udara.

museum-lanud-halim-perdanakusuma3

Selesai nonton film, kunjungan kami ke Lanud pun berakhir. Setelah anak-anak menyantap makan siang, mereka berfoto bersama di depan museum dan kemudian kembali lagi ke sekolah.

13988710860203

6 comments on “Field Trip ke Lanud Halim Perdanakusuma

  1. Keke

    hai, sy keke. apakah punya CP untuk kunjungan ke lanud halim? Terima kasih

    1. antonia Post author

      Sayangnya ga ada mba Keke. Coba saja datang langsung ke Lanud Halim, di posko penjagaan bilang saja maksud kedatangannya nanti akan diberi petunjuk oleh petugasnya :)

  2. iwan

    hai saya iwan, saya mai nanya harga sewa di lanud halim perdanakusuma sekitar berapaan yah?

    1. antonia Post author

      Maksudnya sewa apanya ya?
      Kalau mau kunjungan/field trip mungkin bisa hubungi Staf Binpotdirga Lanud Halim Perdanakusuma dengan nomor telepon (021) 8092091 pesawat 9032.

      1. julita

        Kalo sekolah mau kesana ada biaya masuknya ga?

        1. antonia Post author

          Sepertinya ada, tapi saya ga tau berapa. Bisa coba hubungi kontak di atas.

Leave a reply

required

*