Waktunya perpanjang STNK motor. Karena si papa sok sibuk, terpaksalah aku yang harus perpanjang STNKnya. Itu juga udah telat sebulan. Tapi yang namanya ke Samsat, ih males banget. Biasanya sih perpanjang di Gerai Samsat Artha Gading. Tapi pas sabtu kemarin ke sana, ternyata tutup. Mana ga ada pemberitahuannya di pintu kacanya kalau tutup. Alhasil setelah jam 10 lewat belum buka, orang-orang pada bubar.

Sampai rumah aku browsing cari tempat perpanjang STNK keliling. Ternyata jauh-jauh, ga ada yang deket rumah. Tiba-tiba liat artikel tentang perpanjang STNK di Kecamatan Pulogadung. Baca-baca dan akhirnya aku memutuskan perpanjang STNK di sana.

Senin pagi aku sampai di Kecamatan Pulogadung jam 10 lewat. Langsung kelihatan tuh loketnya. Sepi pula. Ngurus perpanjangan ga sampai 10 menit selesai. Haa, asyik banget.

Gerai Samsatnya paling kiri, yang ada spanduknya

Gerai Samsatnya paling kiri, yang ada spanduknya

Langkah-langkahnya mudah :
1. Minta Form Perpanjangan STNK di loket pendaftaran (sebelah kanan).

2. Isi formnya dan kembalikan ke loket pendaftaran dengan dilengkapi

  • KTP (asli dan fotocopy)
  • STNK (asli dan fotocopy)
  • BPKB (asli dan fotocopy)

Note : Berhubung motor atas nama suami, maka perlu KK juga.

3. Tunggu dipanggil Kasir untuk membayar jumlah pajaknya

4. Tunggu dipanggil Loket Pengeluaran SSPD untuk mengambil tanda bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor.

 

Samsat-kecamatan-pulogadung3

Saat ini baru 5 kecamatan yang mempunyai gerai Samsat untuk melayani perpanjangan STNK (hanya bisa perpanjangan yah, belum bisa yang 5 tahunan ganti no plat) yaitu Kecamatan Kemayoran (Jakarta Pusat), Kecamatan Pasar Minggu (Jakarta Selatan), Kecamatan Kebon Jeruk (Jakarta Barat), Kecamatan Penjaringan (Jakarta Utara), dan Kecamatan Pulogadung  (Jakarta Timur).

 

Update 9 Desember 2017 :

Hari ini aku perpanjang STNK mobil di sini. Ada perubahan pada jadwal pelayanan pada hari Sabtu, yang tadinya dari jam 9.00 – 11.00 WIB menjadi 9.00 – 10.30 WIB.

Setelah menyerahkan berkas yang diperlukan, tiba-tiba petugasnya bilang, “Bu, lain kali kalau bukan atas nama sendiri ngurusnya di SAMSAT ya. “

“Lho, kan udah pakai KTP sama KK segala nih, Pak.”

“Iya, sekarang udah ga bisa lagi, Bu. Kalau diwakilin ngurusnya harus langsung di SAMSAT.”

Ealah… mau bayar pajak aja kok dibikin ribet. Bukannya makin maju malah jadi mundur pelayanannya :(

One comment on “Perpanjang STNK di Kecamatan Pulogadung

Leave a reply

required

*