Jalan-jalan

Cerita tentang jalan-jalan

Liburan Jadi Seru

Salah satu kegiatan iseng aku kalau sudah bosan liat status-status teman di facebook atau instagram adalah buka-buka aplikasinya Traveloka. Lho, emangnya mau pergi? Enggak juga sih, cuma karena lihat statusnya teman yang pergi sana pergi sini jadi ingin tahu kira-kira rate hotelnya berapa. Biar bisa kira-kira harus mempersiapkan budget berapa untuk liburan.

Aplikasi Traveloka merupakan aplikasi wajib di hapeku. Paling suka sama Traveloka karena fitur-fiturnya yang banyak dan lengkap. Misalnya nih, waktu pergi ke Semarang liburan lebaran lalu. Pokoknya mau cari hotel yang dekat sama Simpang Lima, biar cari makannya gampang. Tinggal ketik Simpang Lima di “Destination“, keluar deh semua penginapan yang ada di sekitaran Simpang Lima, Semarang. Mulai dari budget hotel sampai hotel bintang 5. Lengkap. Harganya juga sudah termasuk PPN. Dan kalau kita pilih salah satu hotel, pada bagian petanya akan keluar tempat-tempat yang bisa dikunjungi di sekitar hotel tersebut, misalnya mall atau tempat makan beserta jaraknya.

Kebetulan suami juga suka road trip. Berhubung bawa anak-anak, jadinya jalannya mau santai. Kadang check out hotel sudah siang karena anak-anak mau berenang dulu, jadinya perjalanan ke kota berikutnya agak tertunda. Belum lagi di jalan sebentar-sebentar mau pipis, minta snack, atau ada tempat yang tiba-tiba ingin dikunjungi. Jadi gak ada target untuk sampai di suatu kota tertentu hari itu juga.

Seperti pada waktu perjalanan dari Yogya 3 tahun lalu. Rencananya dari Yogya mau ke Pangandaran, tapi karena mampir dulu ke Goa Maria Kaliori dan sudah terlalu sore dari sana, akhirnya kami menginap di Purwokerto. Biasanya kalau sudah maghrib kami akan berhenti dan mencari tempat untuk menginap. Nah, pakai Traveloka sangat membantu. Prosesnya cepat, mulai dari pembayarannya yang langsung terkonfirmasi sampai keluar voucher hotelnya gak pakai lama. Vouchernya juga gak usah diprint, tinggal sebutin reservasi atas nama kita pasti sudah ada datanya di pihak hotelnya.

Oya, Traveloka juga punya fitur Stay Guarantee, dimana bila terjadi masalah dengan reservasi kita, misalnya kita salah pilih hotel atau hotelnya overbooked, maka Traveloka menyediakan layanan 24 jam untuk membantu memecahkan masalah kita. Tapi sejauh ini sih, aku belum pernah ngalamin adanya masalah dengan reservasi di Traveloka. Tapi setidaknya dengan fitur ini membuat aku lebih nyaman bepergian.

Kelebihan Traveloka lainnya adalah deskripsi kamar hotelnya yang lengkap. Mulai dari mulai dari luas kamarnya, tipe tempat tidurnya sampai fasilitas di dalam kamar yang didapatkan. Dan tidak lupa poin yang akan kita dapatkan kalau memesan kamar tersebut. Hehe. Baru-baru ini pesanin hotel buat suami yang ada tugas di Singapur. Lumayan banget dapat poinnya gede. Kalau yang namanya ngumpulin poin, hobi banget deh. Apalagi poinnya bisa dipakai buat mengurangi harga hotel.

Selain dari poin, kalau mau dapat diskon juga bisa menggunakan promo-promo yang ada. Banyak deh promonya. Mau booking hari apa aja, pasti ada promo baik dari Travelokanya sendiri atau dari bank penerbit kartu kredit. Yang paling menyenangkan adalah promo ini belum termasuk di dalam harga hotel yang dipilih. Jadi setelah pilih kamar dan dapat total harga kamar, langsung dag dig dug masukin kode diskonnya dan taraaa… kasih liat total akhirnya ke suami. Biasanya suami langsung bilang, “Good job, Ma.”

Aeon Mall Jakarta Garden City, Cakung

Aeon Mall Jakarta Garden City baru saja dibuka tanggal 30 September 2017 lalu. Mall yang berlokasi di Cakung ini menempati area seluas 85.000 m2. Mall ini sepertinya menjadi mall terkeren di Jakarta Timur. Lalu ada apa aja sih di mall ini? Yang pasti seperti mall-mall lainnya, ada banyak toko dan restaurant di sini. Tapi berhubung ini Aeon Mall, maka bagi pecinta makanan Jepang pasti puas deh kuliner di sini. Ada Kokoro Tokyo Mazesoba, Toyofuku Ramen, Slap Noodles, Sushi King, Ringer Hut, Sukiya, Ramen SeiRock-Ya, Universal Noodle Ichiro Ramen Market, Zenbu, Gyu Kaku, dan masih banyak lagi. Trus ga ketinggalan juga ada Aeon Sushi dan Sashimi.

Buat yang ga suka makanan Jepang, tenang, masih banyak makanan lain di sini, mulai dari makanan Indonesia, Korea, China, Vietnam, Italia, dll. Tinggal pilih. Aeon Mall Cakung ini menyediakan banyak tempat makan. Ada Zoo Cafe, tempat makan yang bertemakan hutan, dan ada Food Court “Gourmet Garden”.

Food court “Gourmet Garden”

Tapi sebenarnya yang paling menarik pengunjung untuk datang ke sini adalah adanya Kincir raksasa yang berada di rooftop. Orang-orang menyebutnya Bianglala. “Eh, naik Bianglala yukk..” Iih, emangnya ini Dufan.. hihi. Padahal kincir ini punya nama sendiri yaitu J-Sky Ferris Wheel. J-Sky Ferris Wheel mempunyai tinggi 70 meter dengan 32 gondola yang dilengkapi pendingin di dalamnya. 1 gondola berisi maksimal 6 orang. Harga tiketnya Rp. 50.000,-/orang. Kalau mau berduaan aja 1 gondola sama pacar bisa juga, tapi harus membayar Rp. 160.000,-/pasangan. Atau kalau mau 1 keluarga 1 gondola bisa ambil tiket VIP dengan harga Rp. 350.000,- untuk maksimal 6 orang.

J-Sky Ferris Wheel

Tarif J-Sky Ferris Wheel

Kebetulan aku ke sini bersama mama-mamanya teman anakku. Diajakin naik kincir pada ga mau. “Ngapain ah bayar 50 ribu trus yang diliat pemandangan Cakung dan sekitarnya. Kalau pemandangannya kayak di Singapur, boleh deh.” Ya iyalah, harganya juga beda. Hihi.. dasar emak-emak. Padahal besok-besok kalau datang bawa anak pasti deh naik.. :D

Selain ferris wheel, di area rooftop ini terdapat juga tempat bermain. Aduh tapi panas banget di sini. Kasian anak-anak kalau main siang-siang di sini. Waktu aku datang kebetulan sedang mendung. Itu juga udah panas banget, apalagi kalau lagi terik sinar mataharinya.

.

Ada juga lonceng kebahagiaan, bisa foto-foto di sini dan membunyikan lonceng. Ada artinya lho. Trus bagi pasangan yang ingin mengikat cintanya bisa pasang gembok cinta.

Di lantai 3F dekat Food Court “Gourmet Garden” ada tempat bermain juga untuk anak-anak di bawah 12 tahun, namanya Fanpekka. Fanpekka merupakan arena bermain anak yang dibuat bekerja sama dengan Kedutaan Besar Finlandia.

Fapenkka

Kalau dilihat dari patung yang ada di gambar di atas, aku pikir itu bebek >,<. Karena syal kuning yang menutupi mulut patung tersebut terlihat seperti paruh bebek. Haha… Ternyata itu adalah Tonttu. Tonttu adalah peri kecil yang suka membantu Sinterklas. Tonttu hidup di dunia gaib dimana abad pertengahan dan abad modern bercampur dalam suasana di kota kecil Finlandia. Di sini anak-anak diajak berimajinasi untuk ikut dalam perjalanan ke dunia Tonttu dimana suasana natal, magic, dan peri-peri bercampur sehingga mereka merasa dibawa ke dunia lain. Jadi jangan heran kalau di Fanpekka ini ada pohon natal, padahal sekarang bulan Oktober dan natalan masih lama.

Yang bikin senangnya lagi adalah main di sini tidak dibatasi oleh jam. Jadi bayar tiket masuk sekali trus bisa main seharian sampai puas. Mau merayakan ultah di sini juga bisa lho, ada party room yang bisa disewa.

Tarif Fapenkka

Di Aeon Mall Cakung ini juga terdapat ice skate rink dengan luas 1.800 m2 yang menjadi arena ice skating terbesar di Indonesia. Cuma kemarin pas ke sana, belum sempat liat arena ini (dan ternyata memang belum buka) soalnya sudah waktunya jemput anak pulang sekolah :D

5 Aktivitas Menarik di Sekitar Pantai Kuta

Siapa sih yang gak pernah dengar nama Pantai Kuta, Bali? Kalau dengar nama Pantai Kuta pasti deh kebayang pantainya yang indah dengan garis pantai yang panjang dan pasir yang lembut. Belum lagi liat sunset di sana. Keren banget. Gak heran kalau Pantai Kuta merupakan salah satu wisata paling populer di Pulau Bali. Eh tapi tau gak, di kawasan Kuta juga kaya akan tempat wisata lain, seperti tempat belanja dan kuliner, serta banyak terdapat hotel dekat Pantai Kuta.

Nah, berikut ini aktivitas lain yang bisa dilakukan di Kuta, selain melancong dan menikmati keindahan alam pantainya.

.

 

Bermain Air di Waterbom Bali

Waterbom yang berlokasi di Jl. Kartika Plaza ini, adalah taman rekreasi air terbesar nomor 3 di dunia. Terdapat 22 wahana seru yang bisa dinikmati, mulai dari wahana bermain untuk anak-anak hingga orang dewasa. Di antaranya seperti kolam renang yang dilengkapi dengan bar, sehingga memungkinkan pengunjung untuk berenang dan bersantai sembari menikmati beragam sajian kudapan.

Terdapat pula wahana Fast ‘n’ Fierce, yang merupakan perosotan ganda berdampingan. Bisa berlomba untuk meluncur di sini lho. Bagi yang mau belajar berselancar tapi takut sama ombak di pantai, tersedia juga Flowrider dimana pengunjung bisa belajar berselancar dengan kondisi yang aman. Selain itu pengunjung juga bisa mengelilingi kawasan taman rekreasi ini dengan mengapung di kolam arus yang disebut dengan Lazy River.

Tertarik dengan wahana yang menantang dan menguji andrenalin? Coba deh wahana Climax. Di wahana setinggi 16 meter ini, pengunjung akan ditempatkan di sebuah ruangan kecil, yang kemudian pintu bawahnya akan terbuka dan.. siap-siap jatuh dengan kecepatan 70 km/jam. Wuuiihh… berani?

 

Berfoto Ria di Dream Museum Zone Bali

.

Tak bisa dimungkiri bahwa Bali memang gudangnya seniman lukis yang apik dan khas. Ada banyak galeri-galeri lukisan di sudut-sudut kota ini. Namun ada galeri lukisan yang terkenal dengan lukisan 3 dimensinya yang dibuat dengan konsep trick-art 3D, yaitu Dream Museum Zone Bali.

Di museum ini, pengunjung dapat bebas berpose dan latar 120 karya seni lukis yang menarik dan tampak hidup. Jadi, jangan lupa charge baterai kamera dan HP sampai penuh, biar maksimal foto-fotonya.

Dream Museum Zone ini berlokasi di Jl. Nakula No.33X, Legian, Kuta. Sekitar 1.6 km dari Pantai Sanur, atau hanya sekitar 10 menit dari Pantai Kuta. Jadi, sangat mudah dijangkau dari hotel-hotel terbaik di kawasan Kuta.

 

Bersepeda di Jalan Tol Bali Mandara

.

Jalan tol yang satu ini memang memiliki pesona yang luar biasa. Bagaimana tidak, jalanan ini membelah lautan dan menghubungkan kawasan Kuta, Benoa, Nusa Dua, Denpasar, dan kawasan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Uniknya, jalan tol ini tidak hanya diperuntukkan bagi pengendara roda empat, melainkan juga tersedia jalur khusus untuk pengendara sepeda motor dan sepeda. Jadi, kita bisa menikmati waktu santai dengan bersepeda, dan menikmati sajian pemandangan laut yang berpadu dengan panorama langit.

 

Menyelam di Odyssey Submarine

.

Pesona alam bawah laut adalah salah satu hal yang wajib dinikmati ketika berwisata ke Pulau Bali. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan berenang dan menyelam yang baik. Namun, tenang saja, sekarang ada tur kapal selam di Odyssey Submarine.

Kapal selam ini akan membawa para penumpang untuk menjelajah dunia bawah laut, hingga kedalaman 150 kaki di bawah permukaan laut. Dari dalam kapal, para penumpang bisa menyaksikan beragam ikan dan binatang laut lainnya yang berkeliaran di sela-sela terumbu karang yang cantik. Bahkan, jika beruntung, bisa melihat ikan pari, ubur-ubur, dan ikan hiu.

 

Menjadi Aktivis Lingkungan di Bali Sea Turtle Society

.

Sebagai manusia, kita seharusnya sadar dan peduli bahwa makhluk hidup lain—tumbuhan dan hewan—juga berhak untuk hidup layak. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah turut berperan serta dalam melindungi populasi hewan/tumbuhan langka. Karenanya, selain berwisata kita juga dapat ambil bagian dengan bergabung dalam Bali Sea Turtle Society.

Di komunitas ini, peserta akan diajak untuk peduli terhadap kehidupan tukik (bayi penyu), mulai dari masa penangkaran, hingga waktunya dikembalikan ke habitat alamnya. Biasanya, pelepasan bayi penyu ini dilakukan setiap hari pada pukul 16.30 WITA.

Nah, itulah spot-spot menarik di kawasan Kuta yang juga wajib dikunjungi ketika melancong ke kota ini. Pastikan juga untuk mendapatkan hotel dekat Pantai Kuta, agar semua destinasi ini mudah dijangkau.