Selama di Yogyakarta, salah satu tempat yang kami kunjungi adalah GL Zoo. GL Zoo adalah nama kerennya Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta. Tempatnya ternyata bagus, bersih, terawat tidak seperti Kebun Binatang Ragunan.. hiks. Harga tiket masuknya adalah Rp. 20.000,- untuk weekday dan Rp. 25.000,- untuk weekend.

gembira-loka-zoo

Memasuki kawasan GL Zoo, tempat yang kami lihat pertama kali adalah Museum Diorama Flora dan Fauna. Di dalam ruangan ini kita bisa menyaksikan berbagai jenis replika baik hewan maupun tumbuhan yang diletakannya di dalam kaca atau toples. Uniknya, ada diorama juga yang diletakkan di dalam kaca yang ditanam di lantai ruangannya.

diorama-gembira-loka-zoo

Sebagian diorama flora dan fauna

Sebagian diorama flora dan fauna

 

diorama-flora-fauna-gl-zoo

Diorama keanekaragaman kerang, bunga Raflesia Arnoldi, keanekaragaman umbi yang dipajang di lantai.

GL Zoo juga mempunyai Arboretum yang sangat luas. Arboretum merupakan suatu lahan yang ditanami berbagai macam tanaman untuk keperluan penelitian, koleksi dan konservasi. Arboretum ini juga dapat berfungsi sebagai paru-paru kota.

Berbagai macam binatang dapat kita temui di sini seperti layaknya kebun binatang. Tapi yang menjadi perhatian utama adalah Pinguin Jackass yang khusus didatangkan dari Afrika. pinguin-jackass-gembira-loka-zoo

Terdapat juga berbagai macam wahana. Ada wahana Reptiles and Amphibians Park yang berisi berbagai macam hewan reptil dan amfibi seperti biawak, kura-kura, kadal, katak dan salamander. Di wahana ini kita dapat berfoto bersama dengan ular, iguana atau kura-kura besar. Ada juga wahana Bird Park yang berisi beraneka jenis burung. Mau foto sama burungnya juga bisa.

Yang paling menarik di kebun binatang ini adalah kita dapat berinteraksi dengan satwa-satwa yang ada. Ada jadwal tertentu dimana kita bisa ikut memberi makan satwa seperti ular, simpanse, harimau. Ada juga atraksi-atraksi yang ditampilkan oleh gajah, burung kakaktua, beruang madu, linsang, orang utan. Kurang lebih sama seperti yang ada di Ocean Dream Ancol. Mau menyentuh ikan-ikan juga bisa di kolam sentuh. Untuk wahana-wahana ini kita tidak lagi dikenakan biaya alias gratiiss…

Selain melihat satwa-satwa, ada banyak berbagai macam permainan yang dapat dinikmati. Ada ATV, Speed boat, Bumper boat, Skuter Air, Perahu Kayuh, Perahu Katamaran Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Onta Tunggang dan Gajah Tunggang. Harga tiketnya berbeda-beda… ga hafal :p

pizap.com14217162933901

pizap.com14217183805401

Mau bikin acara di GL Zoo juga bisa. GL Zoo menyediakan sebuah tempat berupa perahu yang berada di  danau buatan yang berada di dalam area kebun binatang. Perahunya diberi nama Mayang Tirta, yang dapat menampung kurang lebih 200 orang dan dilengkapi dengan panggung dan soundsystem.

mayang-tirta-gl-zoo

Area di GL Zoo ini lumayan luas, tapi jangan takut, tersedia juga transportasi untuk bisa berkeliling dengan nyaman yaitu dengan menyewa sepeda atau naik mobil keliling. Untuk tarif sewa sepeda adalah Rp. 20.000,- tanpa batas waktu.

pizap.com14217195964632

Nah, GL Zoo ini bisa dijadikan alternatif tempat wisata di Yogya. Selain satwa-satwanya terawat, tempatnyapun bersih dan gak bau. Permainan yang bisa dinikmati juga banyak. Pokoknya beda banget sama Ragunan deh…

One comment on “GL Zoo

  1. Pingback: Taman Pintar – Yogyakarta | My Fourleafclover

Leave a reply

required

*