25 Desember bertepatan dengan peringatan meninggalnya bapak mertuaku. Berhubung udah pada bosen nyekar di Ancol, adik-adik ipar pada minta nyekar agak jauhan. Awalnya tempat yang ingin kami tuju adalah Pangandaran, tetapi setelah googling tempat penginapan yang ada ternyata harganya pada musim liburan sangat mahal, naik bisa sampai 300% dibanding hari biasa. Akhirnya setelah googling lagi ketemu tempat namanya Batukaras yang letaknya 30km dari Pangandaran. Di sini penginapannya harganya lebih murah dibandingkan Pangandaran. Dan dapat info dari teman juga kalau di Batukaras pantainya lebih bersih dari Pangandaran. Terus terang baru pertama kali ini aku dengar tempat yang namanya Batukaras. Batukaras ini letaknya dekat Green Canyon. Nah, kalau Green Canyon mah sering dengar, ada banyak paket liburannya di web diskon..hehe..

Setelah browsing beberapa hotel yang ada di Batukaras, pilihanku jatuh ke Sunrise Resort yang kebetulan pada saat ditelpon masih mempunyai 3 kamar kosong pada tanggal yang diinginkan. Kami pergi rombongan, 8 dewasa dan 3 anak.

Tanggal 25 Desember kami berangkat dari rumah jam 6.30 pagi dan ternyata kena macet di tol Cikampek karena ada truk yang terperosok rodanya di bahu jalan. Kemudian ketemu macet lagi di sepanjang jalan dari Nagreg menuju Tasikmalaya. Alhasil sampai di Batukaras jam 23.00. Pffiuuhh, 16.5 jam perjalanan. Senang juga begitu sampai di hotel, kamarnya bagus dan bersih. Oya, pada saat memasuki kawasan Batukaras ada biaya retribusi kendaraan. Untuk mobil sedan kena Rp. 19.500,-/mobil dan minibus kecil Rp. 36.000,-/mobil. Untuk kendaraan lainnya kurang hafal karena ga sempat foto papan tarifnya berhubung nyampenya udah malem dan ga mood foto-foto.

Keesokan harinya baru deh lihat-lihat pemandangan di sekeliling hotel. Ternyata pas banget pilih hotel ini untuk menginap. Letaknya dekat dengan pantai tetapi bukan pantai wisatanya jadi tidak terlalu ramai. Ada banyak perahu-perahu nelayan yang ditambatkan di pantai, tapi tetap tidak mengganggu untuk dapat bermain pasir dan air. Ombaknya agak besar, mungkin karena musim penghujan.

Pantai dekat tempat kami menginap

Pantai dekat hotel tempat kami menginap

 

Menabur bunga di laut

Menabur bunga di laut

 

pantai-batukaras2

Foto-foto dulu

 

Siang harinya kami pergi ke kawasan wisata pantai Batukaras untuk makan siang. Di sini suasananya ramai sekali. Ternyata pantai Batukaras sudah sangat banyak dikenal orang, banyak bis-bis wisata yang parkir di sini.

Lokasi wisata pantai Batukaras

Lokasi wisata pantai Batukaras

 

Kami makan di salah satu rumah makan yang menyajikan makanan laut. Harganya cukup mahal, untuk 1kg ikan bakar dicharge Rp. 130.000,-, 1 porsi cumi Rp. 65.000,- dan 1 porsi cah kangkung Rp. 20.000,-. Rasanya sih standar.

Di dekat kawasan wisata ini ada hotel Java Cove Beach. Kata teman tempatnya cozy banget banget, pemiliknya bule galak. Kalau nginep di sini ga boleh ribut-ribut. Hehehe… untung kemarin pas mau booking tempatnya udah penuh, lagian anak-anakku kan ribut banget.. kalau kami diusir bisa repot deh..hihihi..
Oya, rata-rata penginapan di sini yang punya orang bule.

Di sore hari melihat asyiknya anak-anak nelayan bermain air di laut

Di sore hari melihat asyiknya anak-anak nelayan bermain air di laut

 

Para nelayan bergotong royong menarik jala yang sudah dipenuhi ikan. Setelah ikan-ikan dikumpulkan mereka kembali lagi berlayar ke laut. Di Batukaras juga ada tempat pelelangan ikan, tapi sayang ga bisa untuk minta dimasakin dan makan di tempat.

Para nelayan bergotong royong menarik jala yang sudah dipenuhi ikan. Setelah ikan-ikan dikumpulkan mereka kembali lagi berlayar ke laut.    Di sini juga ada tempat pelelangan ikan, tapi sayang ga bisa untuk minta dimasakin dan makan di tempat.

 

Pada waktu makan malam, berhubung udah males jalan jauh-jauh kami mencoba membeli makanan di salah satu warung makan yang letaknya ga jauh dari tempat kami menginap. Tepatnya di depan Hotel Bintang (lihat peta di bawah). Warungnya kecil, ga ada pajangan apa-apa kaya ga niat jualan. Menunya ayam goreng/bakar dan seafood. Berhubung tempatnya kurang meyakinkan, kami minta dibungkus aja dan makan di hotel, yang penting perut terisi dan ga kelaparan. Tapi ternyata ayam goreng dan nasi uduknya enak loh, apalagi sambel ulegnya… mantap banget.

Besok paginya kami bersiap-siap pulang kembali ke Jakarta. Start dari hotel jam 9 pagi dan mulailah hujan. Untung banget kemarin cerah sepanjang hari. Berhubung hari itu hari Sabtu, banyak mobil dan bis wisata yang berdatangan untuk menginap menikmati weekend. Kebanyakan datang dari Jakarta dan Bandung. Wheeww.. pasti tengah malam buta tuh berangkat dari Jakarta/Bandung.

Melewati Green Canyon, sudah ramai sekali kendaraan dan orang-orang yang antri untuk body rafting. Walah.. padahal hujan loh dan menurut staf di hotel tempat kami menginap air di Green Canyon sedang tinggi dan warnanya keruh. Yah tapi mau gimana lagi, masa mereka sudah datang jauh-jauh harus pulang lagi..hihi… Sebaiknya sih kalau mau ke Green Canyon tunggu musim panas aja, jangan musim hujan apalagi bulan Desember gini.

Perjalanan pulang kami ditemani oleh hujan yang terus menerus mengguyur dari Batukaras sampai Bandung. Lepas dari Bandung baru ga ketemu hujan lagi. Sampai di rumah jam 22.00. Benar-benar perjalanan yang melelahkan. Kayanya dalam waktu dekat ini ga bakalan roadtrip dulu deh..

 

Review Sunrise Resort Batukaras

– Hotelnya bagus dan bersih. Walaupun High Season, harga kamarnya cukup murah. Standard room Rp. 500.000,-/malam (untuk 2 orang), Family Room Rp. 1.000.000,-/malam (untuk 4 orang)

Kanan atas tipe Standard Room, kiri bawah tipe Family Room

Kanan atas tipe Standard Room, kiri bawah tipe Family Room

 

pizap.com14211387097754

Tampak depan hotel

– Pantainya dekat dan tidak ramai. (Kalau mau ke pantai yang tidak terlalu ramai bisa pilih Sunrise Resort, Vila Monyet atau Bale Karang Cotagges).

Batukaras-map1

– Ada kolam renangnya.

kolam-renang-sunrise-resort-batukaras
– Sarapannya model ala carte. Mie gorengnya enak.

Namun ada sedikit kekurangannya :
– Tidak ada teko elektrik. Jadi agak repot kalau mau bikin air panas. Harus minta dulu ke staf hotelnya.
– Tidak ada telpon antar kamar atau ke resepsionis. Kebetulan kami pesan 3 kamar sehingga harus bolak-balik keluar kamar untuk berkomunikasi karena sinyal hp benar-benar ga ada kecuali Telkomsel. Jadi kalau mau tetap eksis di Batukaras harus sedia simcard Telkomsel.
– Tidak ada tempat sampah di dalam kamar. Kalau mau buang sampah harus bolak balik keluar. Tapi hebatnya tempat sampah di luar kamar selalu diambil sampahnya setiap saat. Jadi tiap kali buang sampah di luar, sampah lamanya udah ga ada.
– Botol shampoo dan sabun yang disediakan pihak hotel ga ada tulisannya, benar-benar polos. Jadi bingung ngebedain mana yang shampoo, mana yang body wash.

Tapi secara keseluruhan hotel ini very recomended untuk tempat menginap. Hotelnya bersih dan stafnya pun ramah.

2 comments on “Sunrise Resort Batukaras

  1. Pingback: Liburan ke Bandung (Sekalian Review Grand Royal Panghegar) | My Fourleafclover

  2. Pingback: Liburan ke Bandung (Grand Royal Panghegar) | My Fourleafclover

Leave a reply

required

*