Salah satu kegiatan iseng aku kalau sudah bosan liat status-status teman di facebook atau instagram adalah buka-buka aplikasinya Traveloka. Lho, emangnya mau pergi? Enggak juga sih, cuma karena lihat statusnya teman yang pergi sana pergi sini jadi ingin tahu kira-kira rate hotelnya berapa. Biar bisa kira-kira harus mempersiapkan budget berapa untuk liburan.

Aplikasi Traveloka merupakan aplikasi wajib di hapeku. Paling suka sama Traveloka karena fitur-fiturnya yang banyak dan lengkap. Misalnya nih, waktu pergi ke Semarang liburan lebaran lalu. Pokoknya mau cari hotel yang dekat sama Simpang Lima, biar cari makannya gampang. Tinggal ketik Simpang Lima di “Destination“, keluar deh semua penginapan yang ada di sekitaran Simpang Lima, Semarang. Mulai dari budget hotel sampai hotel bintang 5. Lengkap. Harganya juga sudah termasuk PPN. Dan kalau kita pilih salah satu hotel, pada bagian petanya akan keluar tempat-tempat yang bisa dikunjungi di sekitar hotel tersebut, misalnya mall atau tempat makan beserta jaraknya.

Kebetulan suami juga suka road trip. Berhubung bawa anak-anak, jadinya jalannya mau santai. Kadang check out hotel sudah siang karena anak-anak mau berenang dulu, jadinya perjalanan ke kota berikutnya agak tertunda. Belum lagi di jalan sebentar-sebentar mau pipis, minta snack, atau ada tempat yang tiba-tiba ingin dikunjungi. Jadi gak ada target untuk sampai di suatu kota tertentu hari itu juga.

Seperti pada waktu perjalanan dari Yogya 3 tahun lalu. Rencananya dari Yogya mau ke Pangandaran, tapi karena mampir dulu ke Goa Maria Kaliori dan sudah terlalu sore dari sana, akhirnya kami menginap di Purwokerto. Biasanya kalau sudah maghrib kami akan berhenti dan mencari tempat untuk menginap. Nah, pakai Traveloka sangat membantu. Prosesnya cepat, mulai dari pembayarannya yang langsung terkonfirmasi sampai keluar voucher hotelnya gak pakai lama. Vouchernya juga gak usah diprint, tinggal sebutin reservasi atas nama kita pasti sudah ada datanya di pihak hotelnya.

Oya, Traveloka juga punya fitur Stay Guarantee, dimana bila terjadi masalah dengan reservasi kita, misalnya kita salah pilih hotel atau hotelnya overbooked, maka Traveloka menyediakan layanan 24 jam untuk membantu memecahkan masalah kita. Tapi sejauh ini sih, aku belum pernah ngalamin adanya masalah dengan reservasi di Traveloka. Tapi setidaknya dengan fitur ini membuat aku lebih nyaman bepergian.

Kelebihan Traveloka lainnya adalah deskripsi kamar hotelnya yang lengkap. Mulai dari mulai dari luas kamarnya, tipe tempat tidurnya sampai fasilitas di dalam kamar yang didapatkan. Dan tidak lupa poin yang akan kita dapatkan kalau memesan kamar tersebut. Hehe. Baru-baru ini pesanin hotel buat suami yang ada tugas di Singapur. Lumayan banget dapat poinnya gede. Kalau yang namanya ngumpulin poin, hobi banget deh. Apalagi poinnya bisa dipakai buat mengurangi harga hotel.

Selain dari poin, kalau mau dapat diskon juga bisa menggunakan promo-promo yang ada. Banyak deh promonya. Mau booking hari apa aja, pasti ada promo baik dari Travelokanya sendiri atau dari bank penerbit kartu kredit. Yang paling menyenangkan adalah promo ini belum termasuk di dalam harga hotel yang dipilih. Jadi setelah pilih kamar dan dapat total harga kamar, langsung dag dig dug masukin kode diskonnya dan taraaa… kasih liat total akhirnya ke suami. Biasanya suami langsung bilang, “Good job, Ma.”

Leave a reply

required

*